-DUA KALIMAH SAHADAH-Dimanakah sandarannya? Apakah jawapannya? Bagaimanakah huraiannya?
SILA BACA KOMENT DAN TERBITAN YANG TERDAHULU UNTUK DAPATKAN MAKLUMAT LEBIH LANJUT .

20120719

Keturunan Kesultanan Jambi

 sumber gambar: http://warockz.blogspot.com/2010/10/keris-siginjai-keris-legendaris-jambi.html

"Pada Kerajaan JAMBI, banyak terdapat anggota keturunan BARAQBAH dan AL- JUFRI, begitu pula di Aceh pun dari keturunan JAMAL-AL-LAIL. Yang membawa Islam pertama kali ke jambi adalah Sayyid husein bin Ahmad Baraqbah.. setelah sayyid husein mengislam kan kerajaan sriwijaya ( palembang ) dan menjadi menantu Raja sultan Sriwijaya beliau hijrah dan menyebarkan islam di tanah jambi sampai beliau wafat dan di makamkan di jambi. seluruh keturunan Baraqbah di asia tenggara beliau lah nenek moyang nya"

sumber: peperonity.com

Masuknya Islam Ke Jambi

Berdasarkan penuturan tokoh ulama Jambi, penyebaran Islam di Jambi diawali kedatangan rombongan kapal dari Kesultanan Turki untuk menyebarkan agama Islam yang dipimpin Ahmad Ilyas (sumber lain menyebut namanya Ahmad Salim atau Ahmad Barus atau Barus II). Kapalnya terdampar di Pulau Berhalo  pada 1120 H. Oleh rakyat Jambi, Ahmad Ilyas diberi gelar Datuk Paduka Berhalo. Karena keberhasilan beliau menyebarkan Islam di wilayah Jambi dimulai dari Pulau berhala. Konon beliaulah yang menghancurkan berhala berhala sembahan di pulau berhala.

Ahmad Ilyas lalu menikah dengan Putri Selaras Pinang Masak, Putri bangsawan kerajaan Minangkabau yang berkuasa di Jambi, sebuah pernikahan politik yang kemudian memasukkan beliau ke dalam keluarga bangsawan. Tahun 1138, Ahmad Ilyas mendatangkan ulama dari Hadramaut keturunan Ahlul Bait Rasulullah, Sayyid Husin bin Ahmad bin Abdurahman. Kedatangan beliau disambut hangat oleh rakyat Jambi. Dari sanalah kemudian lahir kerajaan Islam di Jambi sampai ahirnya menjadi kesultanan, hingga ke Sultan Jambi terahir Sultan Thaha Syaifuddin yang menghabiskan masa kekuasaannya menentang penjajahan Belanda di wilayah Jambi hingga ahir hayatnya.
sumber: chemot-marley.blogspot.com

Naskah ini disebut juga Tambo Nan Salapan dengan isi sebagai berikut:
(Pada tahun 1050 H (1680 M) Kerajaan Pagaruyung telah mengeluarkan satu keputusan berupa Sunnah 1050 yang berisikan penempatan Raja-Raja di Rantau ( Darat dan Laut ) di mana ada terdapat masyarakat yang berasal dari ketiga Luhak di Minangkabau)
3. Adapun nan tinggal turun temurun di dalam nagari Jambi Sultan Bagindo Tuan Rabbi, anak cucu Daulat yang di pertuan dalam nagari Pagaruyung, tatkala asa yang dipertuan dalam nagari Pagaruyung, tatkala asa mulonyo jadi rajo dalam nagari Jambi, lalu melimpah ka Batang Hari sampai ka hulu Batang Sangie, tatkala asa mulonyo jadi Rajo di dalam nagari Jambi 12 Koto Sungai Babi, tatkala masa dahulunyo, itulah kabasaran dan mukjizat, Sultan Bagindo Rabbi, nan dijawek turun tamurun, beroleh derajat nan tinggi di bari Allah Subhanahuwataala, amin ya rabbal alamin.
sumber: appzak.multiply.com

3 comments:

Saya said...

Salam tuan.. didalam tulisan Di atas ada berbicara tentang keturunan al-jufri.. adakah keturunan al-jufri Ada sampai di Pahang.. saya mencari sulur galur saya.. sekiranya tuan ada info untuk dikongsikan bolehlah tuan update saya.. sekian,wasalam..

Anonymous said...

Saya juga mencari keturunan saya yang berasal dari jambi juga Yang sampai di Pahang. Sekarang keturunan saya dah kabur dan susah nak cari

Anonymous said...

Saya antara sulur galur keturunan dari jambi yang sampai ke pahang..keris menurun ke anak lelaki bongsu..tapi keturunan dari al rahsid..